Menikmati Hari Minggu di Eropa

Author - October 30, 2015
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Jadi begini ceritanya, saya paling demen ngerasain weekend saat tiba di negara tujuan hingga saya sering banget memilih hari Kamis sebagai hari untuk berangkat menempuh perjalanan jauh supaya bisa sampai pada hari Jumat, istirahat sebentar dan merasakan hari Sabtu dan Minggu di sana.

minggu di eropa

(Ilustrasi : instagram.com/fitrinl)

Biasanya sih hari Sabtu itu merupakan hari dimana anak muda nan gaul di kota tersebut keluyuran di tempat-tempat nan hits yang tersedia. Dan hari Minggu hari yang oke buat jalan-jalan menikmati pemandangan atau nongkrong kece di kaffe pinggir jalan atau shopping hura-hura di mall yang paling besar di sana. Setidaknya itu rencana saya hingga memilih Jumat sore untuk menempuh perjalanan menuju Paris agar saya bisa weekend-an nan seru di sana.

Saya tiba hari Sabtu pagi di paris dan langsung jadi turis kejar target di sana karena hari berikutnya saya merencanakan pergi ke Munich, Jerman sore hari untuk menemui teman saya. Minggu pagi, saya sudah keluyuran disekitar penginapan tempat saya tinggal karena saya sudah kelaparan sejak subuh akibat saya lupa membeli makanan hingga hanya makan pisang saja sejak saya turun dari pesawat. Saya hanya bertahan 30 menit di luar ruangan akibat suhu yang menunjukkan 9 derajat sukses membuat saya menggigil dan menyerah untuk menunggu sampai resto terdekat buka. Waktu sudah menunjukkan pukul 10.30 pagi saat saya kembali keluar dan menemukan belum ada satu tempat yang buka, bahkan supermarket yang ada di sebelah penginapan belum juga buka.

Saya menunggu sampai jam 1 siang dan kembali kecewa saat keluar karena menemukan semua tempat tutup, bahkan apotik pun tidak buka. Akhirnya mau tidak mau saya harus puas dengan makanan resto yang ada di penginapan sebelum saya bertolak menuju bandara.

negara eropa

Hari itu saya baru menyadari bahwa pada hari Minggu banyak tempat yang tutup, kecuali di pusat kota yang merupakan pusatnya turis berada, tapi jika kamu tinggal agak jauh dari pusat kota maka siap-siap dibuat terharu seperti saya karena hampir semua tempat tutup.

Katanya sih di Eropa itu hari Minggu merupakan hari istirahat dimana orang-orang sana menggunakan waktu itu untuk berkumpul bersama keluarga atau mengunjungi teman maupun sanak family. Jadi jangan berharap kamu bisa nyicipin tur ke tempat wisata karena banyak tempat yang tutup hingga banyak tur yang ditiadakan pada hari Minggu plus ga ada toko, mall atau resto yang buka hari itu.

Minggu berikutnya saya berada di Milan dan lagi-lagi tidak tinggal di pusat kota hingga saya hanya bisa gigit jari memandangi etalase dari toko tutup yang berisi baju-baju lucu yang minta dibeli.

negara di eropa

Tips saya kalau kamu mau ke Eropa ada beberapa hal yang kudu dilakukan supaya ga bete pada hari Minggu, yaitu:

1. Sedia makanan yang bisa kamu gigit-gigit seperti roti atau buah agar tidak kelaparan ketika tak banyak toko yang tutup.
  2. Pergi ke pusat kota kalau kamu memang mau belanja atau makan di restoran.
  3. Karena banyak tempat wisata yang tutup maka supaya ga mati gaya kunjungi aja tempat yang kiranya cuma mau kamu foto doang dan ga masuk ke dalemnya kayak saya waktu ke menara Eiffel gituh. Intinya sih kunjungi tempat yang direferensikan untuk dikunjungi buat foto-foto. Mayan kan buat update status.
  4. Kunjungi teman yang tinggal di kota tersebut supaya kamu bisa tau gimana rasanya kumpul ala-ala mereka di hari Minggu.
  5. Jika kamu berencana mengunjungi beberapa kota atau negara saat di Eropa ada baiknya jadikan hari Minggu sebagai hari untuk menempuh perjalanan jadi ga rugi-rugi banget karena toh banyak tempat yang tutup pada hari itu.
  6. Kalau memang sama sekali ga ada kegiatan mending istirahat aja deh di penginapan, itung-itung recharge energy sebelum jalan-jalan ngehits keesokan harinya.

Nah, itu tadi kisah tak sedih saya di hari Minggu di Eropa, kamu punya kejadian serupa? Share dong sama saya.