Obat-obatan yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Luar Negeri

Author - March 6, 2018
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

​Sekilasan saya sebut soal obat-obatan saat liburan ke luar negeri ini di postingan tips packing liburan musim dingin. Sebenernya sih bawa obat tu tergantung kebutuhan masing-masing, tergantung juga jalannya kemana. Pergi ke negara tropis kayak Indonesia inih, atau ke Eropa saat musim dingin, pergi naik gunung, atau ke pantai, persiapannya bakal beda-beda.

Disini saya sebutkan obat-obatan ‘standar’ yang penting dibawa saat liburan ke luar negeri. Merek-merek yang disebutin disini buat contoh aja karena produk-produk ini emang saya pake, bukan karena diendorse loh :D.

Emang kenapa ga beli disana aja? Mahal sis! Hahaha. Tergantung jalan ke negara mana sih, tapi kadang saya males aja semisal lagi pusing atau sakit perut trus mesti nyari-nyari obat lagi saat liburan ke luar negeri, mending duitnya buat tambahan belanja. Dan beberapa negara ga sebebas itu jualan obat kayak dimari, mesti ada resep dokter, diagnosa, dll. Dan kalaupun dijual bebas, belum tentu cocok kan? Trus ga yakin juga bakal nemu sebangsa Tolak Angin, minyak angin, atau koyo cabe 😄 .

Obat-obatan Basic Saat Liburan Ke Luar Negeri

obat-obatan saat liburan ke luar negeri

Beberapa jenis obat-obatan yang selalu saya bawa.

Obat Sakit Kepala, Batuk, dan Flu
Sebagai orang yang sering sakit kepala dengan ga jelasnya, maka obat-obat ini udah kudu harus wajib saya bawa. Belum lagi kalau jalan saat musim dingin, perubahan cuaca sering bikin badan ngedrop. Beberapa kali saya mendadak batuk atau pilek walaupun udah berusaha jaga kondisi tubuh. Silahkan bawa obat sakit kepala, batuk, ‘n flu yang cocok buat kamuh.

Obat Sakit Perut
Kamu sering mules? Perut perih? Urusan-urusan pencernaan emang kadang kejadian selama traveling. Entah perut sakit karena salah makan, ga cocok sama makanan di negara orang, maag kumat, mules-mules, atau malah sembelit. Jadi dibawa aja obat-obat pencernaan yang biasa dipakai. Saya suka bawa Promag, Gazero, dan Entrostop.

Penghilang Nyeri ‘n Pegal-pegal
Yang namanya jalan-jalan itu ada pastinya aktivitas jalan kaki yang ga sedikit. Jalan kaki sehari-dua hari sih masih setrong, tapi kalau seminggu jalan terus dari pagi sampai malam, lama-lama pegel kakaak. Biasanya kaki saya berasa ‘protes’ di hari kelima-keenam perjalanan. Oleh karena itu saya selalu bawa Counterpain, koyo, dan minyak kayu putih *ini lama-lama jadi macam jualan obat* . Lumayan lah buat pijet-pijet dikit. Kalau minyak kayu putih ini sering multi fungsi juga buat ngilangin kembung, eneq, or mual di perjalanan.

liburan ke luar negeri

‘Alat perang’ mengatasi pegal-pegal ketika liburan ke luar negeri 😀

Band Aid/Pembalut Luka
Disini kayaknya ga kenal yang namanya band aid, langsung sabut merk, Tensoplast! Sewaktu jalan-jalan kadang-kadang ga sengaja tangan/kaki kebaret, jadi benda satu ini penting buat jaga-jaga. Pernah karena kelamaan jalan kaki, jari-jari dan bagian belakang kaki saya lecet, band aid ini ngebantu banget. Untuk band aid ini sih lumayan gampang dicarinya, jadi bisa bawa seperlunya aja.

Multivitamin
Buat jaga stamina sepanjang liburan ke luar negeri nih. Saya selalu bawa vitamin C, B complex, multivitamin merek Pharmaton Formula, dan Tolak Angin. Yang terakhir sih bukan vitamin, tapi sangat banyak paedahnya. Diminum tiap hari biar tetap cemungudh selama traveling dan ga gampang sakit.

Kalau teman saya lebih suka bawa sari kurma dan madu karena dia suka yang alami. Silahkan bawa yang emang udah terbukti ampuh buat jaga stamina kamuh.

Obat-obatan Lain yang Bisa Dipertimbangkan Buat Dibawa Liburan ke Luar Negeri

Obat Anti Mabuk
Yang terkenal sih Antimo, saya sering bawa juga supaya bisa tidur pules di pesawat. Walaupun kadang ga kepake juga karena keburu pules duluan wkwkwk. Kalau liburan kamu bakal naik bis atau kapal dalam jangka waktu lama, sebaiknya obat ini dibawa. Lumayan buat ngurang-ngurangin mabok di perjalanan.

Tetes Mata
Buat jaga-jaga kalau kelilipan atau mata berasa ga enak.

Lotion Anti Nyamuk
Kalau jalan-jalan ke negara tropis seperti di negara kita ini, bisa pertimbangkan bawa sejenis Autan. Suka banyak nyamuk sis. Berguna buat ngatasin gatel-gatel karena nyamuk atau serangga lainnya. Kalau untuk saya, disini lagi-lagi minyak kayu putih/minyak tawon juga bisa dimanfaatkan.

Tisu Basah atau Hand Sanitizer
Mencegah lebih baik daripada mengobati katanya. Bawa ini buat mematikan kuman-kuman di tangan sebelum kamu makan atau buat bersihin pelengkapan makan. Tisu basah juga bisa dipake di toilet. Banyak kegunaannya deh.

Lainnya
Perban, kasa, antiseptik, alkohol, pinset, gunting kecil, kapas/korek kuping, dan gunting kuku. Jujur saya ga pernah bawa sekomplit ini sih, paling gunting kuku dan gunting kecil aja. Tapi kalau kamu termasuk tipe yang kalau traveling kudu persiapan dengan paripurna, bisa pertimbangkan juga untuk bawa benda-benda ini.

Cara Packing Obat-obatan untuk Liburan ke Luar Negeri

Ketika membawa obat-obatan, sebaiknya pilih yang berbentuk tablet daripada sirup/cream/gel, misalnya mending bawa obat batuk tablet daripada sirup untuk menghindarkan cairan-cairan tersebut tumpah diperjalanan. Pilih juga obat-obatan tablet dalam kemasan sachet/kertas daripada obat-obatan tablet dalam botolan, semisal vitamin kan ada yang berupa tablet di kemasan botol, bisa dipindahin ke tempat lain aja supaya lebih ringkes. Kalau ada, mending bawa obat-obatan ukuran travel size.

gambar liburan ke luar negeri

Obat-obatan dan vitamin bisa dipindahkan ke tempat lucu seperti ini.

Tips Terakhir

Kondisi kesehatan tiap orang beda-beda. Seperti saya yang tiap lagi datang bulan sakit perut, maka saya wajib bawa painkiller buat ngatasin sakit perut ini. Percayalah, sakit perut karena datang bulan pas traveling itu ga enak banget! Atau kalau kamu ada kondisi tertentu yang perlu bawa obat-obatan khusus, mending konsul dulu ke dokter ya biar ga salah-salah ‘n malah repot sendiri.

Coba lihat juga itinerary jalan-jalan kamu dan dikira-kira gimana kondisi badan disana nanti. Misalnya kamu mau liburan musim dingin, tapi ga kuat dingin dan cenderung lebih gampang flu di udara dingin, jadi kamu bisa bawa obat flu agak berlebih. Atau misalnya kamu bakal ke daerah-daerah yang kurang ‘bersih’, kamu bisa bawa obat-obatan agak ekstra buat urusan perut. Dengan mengira-ngira kayak gini, kamu lebih ada gambaran buat mempersiapkan obat-obatan yang perlu dibawa.

Semoga tips obat-obatan yang harus dibawa saat liburan ke luar negeri ini membantu perjalanan kamu ya. Have a nice trip!

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *