Tips Aman Nyaman Melewati Pemeriksaan di Bandara Internasional – Bagian 2

Author - January 30, 2018
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Ini kelanjutan tips melewati pemeriksaan di bandara internasional. Salah satu hal yang terkadang masih aja bikin saya ketar-ketir setiap akan traveling.

Untuk yang akan wisata keluar negeri, apalagi yang baru pertama kali, dan mungkin mengkhawatirkan hal yang sama, bisa simak tips-tips dibawah ini. Tips bagian pertama bisa dicek di postingan sebelumnya ini ya.

Pilih Antrian yang Pendek Ketika Pemeriksaan di Bandara internasional

pemeriksaan di bandara
Ini sih jelas, siapa juga yang mau antri lama-lama wkwkwk. Saran saya sih jangan mepet-mepet amat masuknya karena selain antriannya lebih panjang, juga mending masuk lebih cepat kan daripada buru-buru trus ditinggal pesawat. Dan supaya kita juga ga bikin antrian orang jadi luama, barang-barang yang sebelumnya sudah kita siapkan di ziplock/kantong-kantong transparan itu, sebaiknya kita keluarkan dan jaket juga sudah dilepas.

Pakaian Selama Pemeriksaan di Bandara Internasional

security check point
Jam tangan, cincin, perhiasan, ikat pinggang, koin-koin, dan barang-barang yang ada logamnya harus dilepaskan saat akan melewati alat screening. Jaket dan sepatu juga mesti dilepas dan dimasukkan ke dalam alat tersebut.

Ketika pertama traveling keluar negeri, karena akan kesana saat winter, saya langsung pakai jaket tebal dan boots winter dengan harapan mengurangi isi tas bagasi, ceritanya mau travel (agak) light gitu. Tapi malah jadi menyusahkan karena tiap pemeriksaan keamanan, jaket dan boots itu harus saya lepas-pasang, belum lagi badan dan kaki jadi kepanasan di ruang tunggu, kalau jaket gampang dilepasnya, tapi boots kan ga bisa dilepas, untung cuma transit sekali. Sejak saat itu saya kapok, ngga pernah pakai jaket tebal dan boots lagi kalau bandara wkwkwk.

Sebaiknya pakai pakaian yang nyaman dan gunakan sepatu yang mudah dilepas agar ga ribet saat pemeriksaan di bandara. Ga perlu juga bawa perhiasan mewah atau berlebihan, daripada parno waktu mesti dilepas-lepas kan. Hindari juga menggunakan aksesoris yang mirip dengan bentuk senjata, bisa panjang nanti urusannya.

Jangan Bercanda Saat Pemeriksaan Keamanan

Sebenernya saya heran kalau ada yang sempet-sempetnya bercanda di security check point macam ini, cari perkara bener 😅 . Tapi ternyata memang ada aja yang lakuin. Mungkin pernah denger ya berita tentang turis yang ditangkap karena bercanda nyebut-nyebut kata ‘bom’ ketika di pemeriksaan keamanan, akibatnya dia diinvestigasi ini itu dan malah ga bisa terbang.

Jadi mending ngga coba-coba.

‘Dipegang-pegang’ Untuk Diperiksa

bandara internasional
Terkadang sang petugas memeriksa kita kembali setelah melewati alat scan bila alat tersebut berbunyi. Pemeriksaannya semacam badan kita ditepuk-tepuk gitu, gunanya buat mastiin apakah kita membawa barang-barang berbahaya atau ngga. Mereka akan minta izin dulu sih sebelum ‘pegang-pegang’. Dan tenang saja, laki-laki diperiksa laki-laki, perempuan dengan perempuan. Pemeriksaannya termasuk di area kepala, leher, lengan, sekitar perut, paha, dan kaki, terkadang termasuk juga area-area sensitif seperti dada, pangkal paha, dan pantat. Untuk yang berjilbab, biasanya petugas akan minta izin juga untuk memegang bagian kepala, seperti sekitar telinga dan leher.

Sebelum ditepuk-tepuk, kita akan diminta mengangkat tangan, kalau kita kesulitan untuk angkat tangan, misalnya karena ada cidera atau sakit tertentu, diinfo aja ke petugasnya. Kalau ngga berasa nyaman diperiksa seperti itu di tempat terbuka, bisa juga minta petugas supaya diperiksa di ruangan terpisah. Saya belum pernah praktekin sih, kurang paham juga apa bisa minta seperti ini di semua bandara. Coba tanyakan ke petugasnya untuk informasi lebih jelasnya ya.

Sepengalaman saya proses pemeriksaan ini cepat kok. Dan ga perlu juga baper atau khawatir berlebihan kalau memang kita ga bawa yang aneh-aneh hehehe. Tapi kalau kita dicurigai membawa atau menyembunyikan barang-barang membahayakan tersebut, maka kita akan diperiksa lebih jauh. Nah, kalau udah sampai tahapan itu yang kemungkinan bakal panjang urusannya..

Cek Kembali Barang-barang Sebelum Meninggalkan Area Pemeriksaan di Bandara internasional

Ngecek kembali barang-barang di security check point ini juga seolah remeh, tapi sering lho kelupaan. Karena emang situasi pas diperiksa-periksa itu agak riweuh sih, udahlah banyak barang-barang yang dikeluarkan, trus mesti cepet-cepet lepas-pakai jaket dan sepatu, belum lagi kalau sedang ramai dan banyak antrian dibelakang kita. Jadi, bisa banget kelupaan.

Cek kembali tray yang kita gunakan, pastikan handphone, barang-barang berharga, dan terutama banget paspor dan boarding pass ada ditempatnya. Lalu kalau wisata luar negeri bareng temen-temen, bisa juga untuk saling ngingetin barang masing-masing. Pernah lho ada teman saya yang panik paspornya ngga ada ketika akan melewati pemeriksaan imigrasi, padahal saya dan teman-teman lain sudah lewat, dia panik sendirian dan kami mau bantu juga susah masuk lagi. Untung ketemu, yang ternyata memang ketinggalan di security check point.

pemeriksaan keamanan

Itulah tips-tips melewati pemeriksaan di bandara internasional. Kenapa pemeriksaannya ribet amat sih? Ya udah prosedurnya mereka kakaak 😂 .

Saya pernah menonton tayangan tentang investigasi bandara, jadi ternyata emang ada-ada aja caranya orang-orang jaman now buat nyelundupin barang-barang terlarang semisal narkoba, mulai dari disimpan di sol sepatu, didalam lapisan-lapisan jaket, diselipkan didalam popok dewasa yang mereka pakai (hiiih!), bahkan ditelan dalam jumlah besar! Ngeliat scan perut yang terdeteksi barang-barang itu aja saya udah ngilu. Lucunya ketika diperiksa di ruangan terpisah, ada yang pura-pura pingsan segala wkwkwk.. pastinya petugasnya udah paham banget lah modus-modus macam begini.

Intinya sih pemeriksaan di bandara internasional ini gunanya buat keselamatan penumpang dan juga untuk keselamatan negara-negara tujuan. Ogah juga kita kan semisalnya orang-orang bisa dateng dan bawa barang-barang berbahaya dengan semena-menanya ke negara Indonesia tercinta ini tanpa diperiksa lagi? Mereka pun sama. Jadi dinikmati aja pemeriksaannya ya. Enjoy your trip!

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *